Wednesday, October 24, 2012

UTS E-Commerce 23 Oktober 2012


  1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management
  2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitas pelanggan
  3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing – masing!
  4. Bandingkan harga Iphone 5 pada http://shopping.com , http://mysimon.com , http://bottomdollar.com , http://bizrate.com , dan http://pricescan.com . Mana yang terbaik?
  5. Cari lima (5) E-Commerce terbaik di indonesia. Berikan alasan anda!
JAWABANNYA

1. Era E-Commerce telah mengubah cara berbisnis. Penggunaan internet dapat sangat membantu dalam manajemen supply chain. Perusahaan kini dengan mudah dapat berhubungan dengan banyak pihak tanpa harus bepergian sama sekali. Supply chain management merupakan pengelolaan berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah, dilanjutkan kegiatan transformasi sehingga menjadi produk dalam proses, kemudian menjadi produk jadi dan diteruskan dengan pengiriman kepada konsumen melalui sistim distribusi. Manfaat dari hubungan antara E-Commerce dengan Supply Chain Management adalah meningkatnya hubungan perusahaan dengan konsumen secara langsung, berkurangnya biaya pengiriman produk, serta meningkatkan efektivitas perusahaan dalam memproduksi. Contoh : Perusahaan yang baru-baru ini mengembangkan SCM (Supply Cain Management) dalam organisasinya adalah perusahaan penerbangan Garuda Indonesia. Bagi BUMN ini, pengembangan SCM sangat membantu dalam penjualan tiket. Pola penjualan tiket di perusahaan ini tidak lagi menggunakan jalur linier : pusat penjualan tiket – biro – konsumen. Puasat penjualan tiket dapat melakukan monitoring secara serentak terhadap seluruh biro maupun pesanan langsung dari konsumen. 


2. E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu
Menurut pendapat saya E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu dilihat pola perilaku konsumen. Dengan adanya E-Commerce konsumen dapat lebih menghemat waktu dari segi pemesanan hingga barang tersebut berada di tangan konsumen tanpa harus konsumen itu sendiri bertransaksi dengan bertatap muka. Adanya E-Commerce memungkinkan konsumen bertransaksi jual beli melalui internet sehingga konsumen dapat melihat harga produk / barang yang di cantumkan dan konsumen dapat bertransaksi kapan pun. Dengan adanya teknologi ini proses transaksi dapat dilakukan dalam waktu singkat dan mampu mengurangi siklus jual beli.

E-Commerce meningkatkan kinerja

Adanya E-Commerce memungkinkan karyawan melakukan pekerjaan atau kewajibannya semaksimal atau sebaik mungkin hal ini dikarenakan dengan pemanfaatan teknologi dan informasi yang akan memudahkan segala pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. Sebagai contoh adalah apabila karyawan bagian produksi melakukan proses pemesanan suatu barang, dapat dilakukan melalui media internet sehingga proses ini menjadi efektif dan efisien.

E-Commerce memberikan dukungan terhadap fasilitas pelanggan

Bagi banyak pelanggan E-Commerce sangat membantu untuk memenuhi segala kebutuhan yang mereka inginkan. Dengan adanya pelayanan E-Commerce pelanggan akan dimudahkan untuk mengakses seluruh informasi yang up date dan terus menerus. Pemberian fasilitas e-commerce yang cepat, mudah, aman, dan akurat juga menjadikan e-commerce dapat memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan.

Bayu Aji Kurniawan, 2010, online, (http://blog.ub.ac.id/bayuajikurniawan/category/uts-e-commerce/) diakses pada tanggal 23 oktober 2012

3. Market Spaces adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.

Kelebihan dari market Spaces :
  • Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
  • Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
  • Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.
Kelemahannya dari market Spaces :
  • Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
  • Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
  • Perlu adanya pihak ketiga.
Market Places adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, secara nyata. Nyata di sini maksudnya adalah tempat atau pasar itu benar-benar ada, dapat dilihat dan dirasakan keberadaannya secara fisik.

Kelebihan dari market Places :
  • Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung dan mempermudah dalam melakukan negosiasi, serta dapat terjalin hubungan baik antara penjual dan pembeli.
  • Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung sehingga tercapai kepuasan pelanggan.
  • Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kekurangan dari market Places :

  • Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
  • Prosedur manual.
  • Sulit promosi & akses pasar.

4. Perbandingan Harga Iphone 5 menurut saya tidak jauh berbeda dari toko online yang satu dengan yang lainnya. My shopping pada situs (http://shopping.com) tersebut menurut saya yang terbaik harga sebuah Iphone 5 dan akses pembelian atau pemesanan barang cukup mudah tinggal mengikuti langkah – langkah yang telah disediakan. http://shopping.com juga memberikan informasi yang jelas dari harga yang termahal hingga yang terbaru yang di relase di pasaran.


5. Lima E-Commerce terbaik di Indonesia :

Nah toko online kali ini cukup menarik dan banyak di kunjungi kususnya kaum muda. Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Tampilan dari toko online ini sangat lengkap, mulai dari jual beli barang, forum, radio, blog, sampai grupe. Pada toko online ini semua yang kita cari akan dengan mudah kita dapatkan. kaskus juga menyediakan layanan pembayaran online jadi tidak ribet. Ada pun fitur yang disediakan kaskus antara lain : Kaspay, E-pulsa, Kaskus Ads, Kaskus radio, Kaskus Mobile.

Fitur yang ditawarkan sangat lengkap. Tampilannya mudah difahami dan toko online ini tidak membuat seseorang kesulitan dalam mencari barang yang ditawarkan. Di toko bagus.com ini berbagai macam barang di jual mulai dari barang rumah tangga, gedget, properti, dan sampai barang mewah lainnya. Pengunjung toko bagus di wajibkan Log in untuk menjadi anggota dari konsumen tetap. Dengan fitur yang lengkap dan praktis toko bagus.com memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya :)

Berniaga. com ini mempertemukan penjual dan pembeli agar mendapatkan penawaran terbaik dengan cara yang mudah dan aman. Begitu mudahnya memasang iklan dan mencari barang yang diperlukan di situs ini, dari manapun dan kapanpun. Anda dapat berhubungan langsung dengan penjual/pembeli dan mendapat penawaran terbaik. Berniaga.com juga berusaha menjaga dan melindungi seluruh pengunjung situs agar terhindar dari penipuan. Fasilitas keamanan yang di siapkan adalah dengan mereview setiap iklan yang masuk agar iklan yang dipublikasikan nantinya benar-benar berkualitas. Hal ini meminimalisir potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli online.Dari segi penampilan lengkap dan memudahkan konsumen untuk mencari barang yang akan dicari.

Nah E-Commerce ini menyediakan layanan dilevery makanan sea food pertama kalinya se Indonesia. Tampilan pada web ini sangat menarik, konsumen bisa langsung memilih segala macam jenis makanan seafood yang tertera pada pilihan menud pada situs web ini. Tampilannya juga mudah difahami jadi konsumen tinggal pesan dan di keranjang perbelannjaan sudah tertera angka nominal yang harus dikeluarkan oleh konsumen tanpa harus memperhitungkan kembali berapa jumlah total yang kita keluarkan.

Web ini merupakan salah satu dari UKM yang goes to internet. Disini anda dapat menyimak dan memahami semua tentang bambu dan segala manfaat dari bambu tersebut. Sahabat bambu juga menyediakan jasa layanan dimana bisa membuat dan mendisain suatu bangunan yang semuanya terbuat dari bambu yang berkualitas terbaik. Tampilan pada web ini sangat menarik dan mudah difahami, pada web ini juga menyediakan siapapun yang ingin mengikuti pelatihan – pelatihan yang diberikan tentang keguanaan bambu tersebut.

No comments:

Post a Comment